Jumat, 20 Januari 2012

Investor mengincar pasir besi Ciamis

INILAH.COM, Ciamis - Lahan tambang pasir besi di kawasan Palatar Agung Desa Pamotan Kecamatan Kalipucang Kabupaten ciamis, mulai diincar para investor. Setidaknya sudah beberapa investor dari berbagai daerah yang tertarik dengan lahan tambang pasir besi dan datang langsung melakukan pengecekan.

"Pihak investor yang melakukan pengeboran itu guna memastikan kapasitas keberadaan pasir besi di daerah tersebut. Dalamnya pengeboran sendiri bervariasi, mulai dari 2 meter hingga mencapai 5 meter," ujar Kepala Desa Pamotan Endi Suhendi saat dihubungi INILAH.COM, Rabu (23/11/2011).

Endi menambahkan, pengeboran sendiri sudah dilakukan sekitar lima bulan. Saat ini, para investor baru melakukan pengeboran sementara untuk mengecek kandungan pasir besi. Hasil pengeboran tersebut, dibawa oleh pihak investor ke laboratorium untuk dicek kadar kandungan pasir besinya serta kandungan logam yang lainnya.

Luas penambangan pasir besi di daerah Pamotan sendiri sekitar 160 hektar dan selurunya milik pemerintah. Warga sendiri, hanya memiliki hak guna pakai untuk lahan tersebut. Hak penggarapan lahan ini ditegaskan melalui SK Bupati Ciamis.

"Jika di kemudian hari, tanah ini akan digarap oleh pemerintah maka warga harus rela melepaskan tanah garapannya," tegas Endi.[ang]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar